MEMILIKI SIKAP PROFESIONAL dalam SEGALA PROFESI atau PEKERJAAN yang kita lakukan

Apa kabar teman-teman, semoga kita semuanya dalam keadaan baik dan sehat-sehat saja ya.
Hari ini saya akan memposting sedikit penjelasan tentang PROFESIONAL dan PROFESIONALISME. Jadi Seharusnyalah dalam setiap Profesi yang kita lakukan atau yang kita kerjakan kita tetap bersikap PROFESIONAL. Tidak perduli mau profesi atau pekerjaan kita sebagai Pengusaha, Direktur, Manajer, Supervisor, Staff, Marketing, Sales, Pedagang, Petani dan berbagai macam profesi lainnya yang sedang kita kerjakan saat ini.


PROFESI adalah pekerjaan yang kita lakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan uang yang akan kita gunakan untuk menafkahi hidup kita dan keluarga kita dengan mengandalkan keahlian yang kita miliki.

PROFESIONAL adalah orang yang memiliki Profesi atau pekerjaan dengan ketrampilan yang khusus atau kemampuan yang tinggi dan yang berpegang teguh pada nilai MORAL dengan memiliki

PROFESIONALISME adalah kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar. Seorang yang memiliki jiwa Profesionalisme akan selalu mendorong dirinya agar tetap bekerja secara Profesional, dengan cara selalu bertindak OBJEKTIF,

Dibawah ini ada beberapa syarat yang harus dimiliki seseorang jika ingin jadi seorang profesional. yaitu :
  1. Menguasai pekerjaannya
  2. Memiliki loyalitas       ( setia terhadap perusahaan tempatnya bekerja )
  3. Memiliki integritas      ( kejujuran )
  4. Sanggup bekerja keras ( tidak gampang mengeluh )
  5. Memiliki Visi               ( memiliki tujuan )
  6. Memiliki kebanggaan  ( bangga dan tetap beryukur )
  7. Memiliki komitmen     ( Janji tetap bekerja dengan baik dan jujur )
  8. Memiliki motivasi       (Selalu berusaha menyemangati orang disekitarnya)
Jadi untuk seseorang yang sudah menguasai pekerjaanya, misalnya bisa mencapai target yang ditentukan perusahaan tempatnya bekerja, belum bisa disebut seorang yang profesional jika orang tersebut tidak JUJUR dan tidak LOYAL terhadap perusahaan tempatnya bekerja, perusahaan yang telah menggajinya, sehingga bisa menafkahi dirinya dan keluarganya.

sebagai contoh

Jika ada seorang Manager atau Supervisor atau seorang leader yang dipercayakan suatu perusahaan untuk bekerja memimpin satu departemen diperusahaan itu, misalnya departemen Pemasaran atau marketing. Dimana tentunya leader ini akan memiliki beberapa anak buah yang disebut tenaga pemasaran atau marketing. Tentunya marketing ini punya target yang harus dicapai perbulan untuk mendapatkan gaji berikut komisi yang  telah ditentukan perusahaan tersebut.

Misalnya target penjualan perbulannya 2 milyar, barulah si marketing dapat komisi berikut gajinya misalnya nominalnya Rp.10.000.000,-  tetapi jika tidak mencapai 2 milyar maka si marketing hanya dapat gaji pokok ditambah sedikit komisinya, misalnya dapat Rp.5.000.000   
( selisih gaji dan komisi yang diterima marketing yang tidak mencapai target 2 Milyar terhadap gaji dan komisi marketing yang mencapai target 2 Milyar jauh sekali, yaitu sebesar Rp.5.000.000 )

Lalu ternyata ada kebohongan yang dilakukan leader atau supervisor marketing tersebut, yaitu dengan cara meminta setiap marketing yang sudah mencapai target 2 Milyar membantu setiap marketing yang belum mencapai target  2 Milyar. Agar laporan keperusahaan nantinya si marketing yang tidak mencapai target 2 Milyar ini sudah mencapai target juga, dan otomatis si leader ini juga mencapai

Dalam hal ini si leader atau supervisor atau manager yang sudah dipercayakan perusahaan tersebut tidak profesional karena sudah tidak JUJUR dan melakukan KEBOHONGAN dan tidak LOYAL terhadap perusahaan tempatnya bekerja, serta tidak ADIL terhadap marketing yang nyata telah mencapai targetnya, sebab jadi tidak terlihat perbedaan dari seorang marketing yang bekerja keras mencapai targetnya terhadap marketing yang tidak mencapai targetnya. Sebab penghargaan atau gaji dan komisi yang diterima sama.

Dalam
jadi perusahaaan dirugikan sebesar  Rp.5.000.000 per marketing.

Misalnya dalam satu team ada 10 orang marketing, dan yang mencapai target misalnya hanya 4 orang, lalu

Coba kita bayangkan kerugian yang dialami perusaan tersebut. Misalnya 6 orang x Rp. 5.000.000 = Rp.30.000.000 per bulan kerugian yang dialami perusahaan, yang harusnya ini layak diterima oleh marketing yang sudah benar benar bekerja keras untuk mencapai targetnya.

Bagaimana jika hal ini terjadi terus menerus..setiap bulannya...bayangkan 30 juta/bulan x 12 bulan = Rp. 360.000.000 per tahun kerugian perusahaan yang harus dibayarkan kepada marketing yang tidak layak, yang tidak seharusnya menerima uang ini. Hal ini diakibatkan oleh ke tidak JUJURAN si leader, supervisor atau manager terhadap perusahaan tersebut. Mereka tidak Loyal terhadap perusahaan yang telah memberi nafkah untuk dirinya dan keluarganya.

Layak kah mereka disebut PROFESIONAL !  dan kasihan juga bagi marketing yang selalu tekun bekerja dan selalu mencapai target dan loyal terhadap perusahaan baik didalam segi waktu, tetapi sama penghargaan yang mereka terima dengan marketing yang tidak berprestasi.

Dan kalau misalnya  satu saat perusahaan mengetahui Kebohongan dan ke tidak jujuran yang telah dilakukan leader atau supervisor ini kan Bahaya. Lalu pantaskah leader /supervisor/ manajer ini Berbangga diri atas kebohongan dan ketidak jujurannya terhadap dirinya sendiri, anak buahnya, juga perusahaan tersebut. Ini adalah salah satu contoh yang tidak benar dan tidak patut di ikuti. karena sepintar pintarnya Tupai melompat satu saat akan terjatuh juga.

Jadi kesimpulannya :

Seorang PROFESIONAL tidak cukup hanya memiliki kecerdasan dan kepintaran, tetapi juga harus memiliki atau menerapkan nilai-nilai  KEJUJURAN, KEBENARAN dan KEADILAN.

Seorang profesional harus memiliki INTEGRITAS agar ia tetap mempunyai PRINSIP hidup untuk bertahan dalam situasi yang tidak menentu.

Baiklah teman - teman, sampai disini dulu postingan saya hari ini, semoga bermanfaat ya, dan semoga kita tetap semangat dalam melakukan pekerjaan kita dengan lebih profesional lagi. Tetap semangat 💪😊








Postingan populer dari blog ini

KERJA ONLINE untuk MENGUMPULKAN DOLLAR dari SURVEi

UBAH KREATIFITASMU UNTUK MENGHASILKAN UANG by INTERNET

METODE UNTUK MENGHILANGKAN LEMAK PERUT SECARA ALAMI DAN AMAN SAAT ANDA TIDUR

Tips Menjadi PEMIMPIN yang IDEAL, BERKELAS dan PROFESIONAL

Tips menjadi SUPERVISOR yang PROFESIONAL, INTELEK dan memiliki ATTITUDE yang BAIK